Tips Memilih Perguruan Tinggi

Kebanyakan dari kita semua pasti akan memilih Perguruan Tinggi (PT) yang terkenal. Dari PT yang terkenal tersebut kita semua gak melihat prodi yang akan kita pilih nanti. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk memilih PT atau prodi yang cocok.

Yang pertama, kalian melihat prodi yang cocok di benak masing - masing.
Ini sangat penting di sebelum kita memilih PT. Karena prodilah yang akan membawa kalian dalam kehidupan perkuliahan. Ini sangat mendasar dan harus di pikirkan sejak awal oleh temen - temen semua. Prodi ini yang akan membentuk pemikiran kalian, dan nantinya akan menjadi "Ahli" dalam bidang atau prodi tersebut. Sekarang coba pikirkan, ketika pada awalnya kalian tidak merasa ngeh pada prodi itu, namun kalian suka pada PT yang kalian pilih. Itu merupakan sebuah kesalahan yang fatal kalau kalian tetap memaksakan untuk belajar di prodi tersebut. Cepat atau lambat, kalian merasa bosan dan tidak betah berlama - lama berada pada prodi yang kalian pilih. Intinya, disini kalian jangan sampai salah pilih prodi.


Yang kedua, melihat PT yang kalian inginkan.
Nah.. barulah kalian melirik PT mana yang memiliki prodi yang benar -benar kalian inginkan, berdasarkan kriteria yang kalian tetapkan. Bisa dari jangkauan dari rumah, biaya kuliah, dan lain - lain. Jika sudah, mantapkan diri untuk menuju PT tersebut.


Yang ketiga, mencari peluang.
Peluang ini dilihat dari seberapa besar kuota yang tersedia dari prodi dan PT yang kalian pilih tadi. Jika kecil, maka berdoalah lebih giat, agar kamu bisa masuk salah satu mahasiswa di sana. Jika besar, dan banyak yang berminat, sama.. Kalian harus lebih giat berdoa dan belajar. Jika memang kalian bimbang, lirik PT yang berbeda, lihat peluang yang besar. Misal di luar daerah kalian. Contoh, temen gue pilih ke Riau, gara - gara di sana jauh lebih besar peluangnya untuk diterima. Dia mau berpetualang karena kesempatan jauh lebih besar dari pada keinginan. Gue salut sama dia.


Ehm, cukup itu aja tips yang gue kasih. Semoga bisa menjadi pencerah buat kalian yang saat ini lagi bingung milih PT di Indonesia. Makasih udah mau baca, selamat malam :)

6 Komentar Penting

betul itu, jangan cuma regudugan melu2 kancane hahahaha

Reply

setuju!
jangan cm ngejar gengsi doang, tapi liat juga prospek kedepannya. ya walaupun rejeki orang udah ada yg ngatur hhe :))

Reply

angkat jempol untuk amirul..

Reply

betul bro.. :D

Reply

Sip, bagus buat yang masih galau nentuin pilihan prodi..

Reply

hehem, semoga bermanfaat..
makasih udah sempetin baca :)

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))