Alasan Buat Masuk Kelas

”Maaf Bu... saya datang terlambat.”
”Iya saya tau. Terus masalah buat ibu?”
”Kalo iya kanape bu? Ini masalah besar, antara Saya dan Anda! Sekarang Saya mau ikut kuliah, dan Ibu wajib memperbolehkan untuk ikut!”
”I.. iya. Si.. silakan.”

Dialog di atas adalah salah satu contoh ketika pelajar atau mahasiswa yang datang terlambat, berkeinginan untuk ikutan pelajaran atau mata kuliah. Dialog di atas diperankan oleh seorang Ibu dosen berpenampilan macho namun mental tempe dan seorang mahasiswa tampang galau namun bermental badak cula seribu.

Gue tau, dialog tadi nggak bakal bisa terwujud dengan indahnya di dunia nyata kalian. Nggak bakal bisa kalian lakuin gitu aja tanpa latihan yang disiplin dan didampingi oleh ahlinya. Seorang guru atau dosen pun juga perlu latihan untuk persiapan menghadapi murid atau mahasiswa badak cula seribu tadi.
source : nyunyu.com sayang


Untuk itu, marilah kita semua belajar gimana caranya menjadi murid atau mahasiswa yang bermental badak cula seribu. Tapi, gue nggak mau ngajarin yang enggak – enggak, kayak ngerjain dosen, nyeburin dosen ke kolam. Apalagi ngajarin kayak dialog di atas. Gue nggak ngajarin itu. Yang gue maksud badak bercula seribu adalah mempunyai seribu akal agar kalian bisa ikutan pelajaran atau kuliah, saat kalian dateng terlambat tanpa melukai perasaan dosen atau guru tercinta. So cekidot...


1.    Hujan
Dari hujan, kalian bisa manfaatin sebagai alasan agar kalian bisa masuk ke kelas. Kalo sekolah atau kampus kalian jauh dari rumah, ini bisa banget buat jadi alesan kalian masuk ke kelas saat kalian datengnya terlambat.

”Maaf Bu... Saya datang terlambat. Tadi di perjalanan menuju ke kampus hujan deras. Saya tadi nggak pake jas hujan, jadi berteduh dulu di pinggir jalan. Lumayan Bu, tadi ada cewe cantik. Bisa jadi gebetan. Boleh masuk Bu?”
”Oh begitu. Kapan – kapan kenalin sama Ibu ya! Ya udah, silakan masuk.”

Lancar kan? Lancar dong...


2.    Ban Bocor
Klasik anget yak? Emang... Tapi nggak ada salahnya kalo kalian mau nyoba satu alasan ini. Kayak gini contohnya :

”Pagi Bu. Maaf, Saya datang terlambat. Tadi sewaktu Saya berangkat ke kampus, ban motor Saya bocor Bu. Tadi ada paku segede linggis menancap di ban belakang motor Saya. Apa boleh Saya mengikuti kuliah Ibu?”
”Kasian kamu nak. Iya, kamu boleh mengikuti kuliah Saya. Nanti Saya kasih uang, beli ban motor yang baru.”

Coba latihan – latihan ngomong dulu di rumah, sebelum kalian ngomong langsung di depan dosen.


3.    Bangun Kesiangan
Yang ini super klasik. Tapi mujarab juga kalo kalian bisa ngomong dengan tegas, dan ditambah sedikit bumbu penyedap rasa kepercayaan. Ini contohnya :

”Maaf Bu. Saya bangun kesiangan, dan sekarang saya datang terlambat. Tadi malam saya tidur sangat larut, karena harus membantu tetangga yang sedang terkena musibah.”
”Perbuatan kamu mulia sekali nak. Silakan masuk.”

Bumbunya sedikit meminta belas kasihan. Biar dosen nganggep kalian bener – bener orang yang baik. Cuma itu.


4.    Kamar mandi kost rame
Ini penting banget kalo kalian adalah seorang anak kost. Yang merantau agar pinter. Pinter sekolah dan pinter ngeles. Coba deh kayak gini :

”Selamat pagi Bu dosen. Maaf Saya datang terlambat. Tadi sewaktu Saya hendak mandi, ternyata kamar mandinya lagi penuh. Di penuhi orang Zimbabwe yang sedang mengungsi. Jadi saya memilih mengalah.”
”Wah... kamu mahasiswa paling mulia. Silakan duduk.”

Yang ini sebisa kamu aja. Mau rame karena lagi ada acara mandi maraton, atau apa aja. Yang penting bisa bikin dosen atau guru kalian percaya.


5.    Nolong temen lagi sakit
Ini agak ngehe sih. Tapi lumayan kalo kalian bisa ngomong di depan dosen kayak gini :

”Selamat pagi Bu. Maaf tadi saya harus bantu temen Saya ke rumah sakit. Tadi kejang – kejang keluar busa gitu, terus matanya melotot. Saya takut dia kena flu burung. Jadi Saya terlambat masuk kelas.”
”Wah... kamu baik sekali nak. Semoga temen kamu lekas sembuh. Silakan duduk.”

Hmmm.. ngehe? Emang. Tapi dicoba aja dulu, latihan yang bener, biar nggak grogi pas kamu berhadapan langsung sama dosen atau guru.


6.    Lupa jalan ke kampus
Nah.. ini kalo kamu masih jadi murid atau mahasiswa baru. Iya, ini kalo kamu masih suka kelupaan sama hal – hal yang baru. Buat kamu yang susah hafal sama jalan. Dicoba :

”Maaf Bu, Saya terlambat masuk. Tadi sewaktu berangkat ke kampus, Saya tersesat Bu. Tadi muter – muter jalan yang sama sampe 12 kali. Pas udah inget jalannya, motor Saya kehabisan bensin. Jadi mohon maaf Bu, dan mohon ijin mengikuti perkuliahan.”
”Oh begitu. Baik, Ibu maklumi. Lain kali di gambar ya jalan yang kamu lewati. Kalo nggak tanya dora aja. Silakan duduk nak.”

Gimana? Gampang deh!


7.    Kena Tilang
Seorang mahasiswa yang baik, belom tentu saat dijalan bisa berkelakuan yang baik. Polisi bisa aja ngasih surat tilang kamu kalo kamu ngelanggar lalu lintas. Misal lalu lintas asmara. Kamu terlalu menikung seorang perempuan hingga mengakibatkan perempuan tersebut kaget dan salto di atas motor.

”Maaf Bu. Saya terlambat karena harus berurusan dengan polisi lalu lintas. Saya dituduh terlalu ganteng, mengakibatkan banyak perempuan melirik ke arah Saya sehingga mereka menabrak pembatas jalan. Maaf ya Bu.”
”Kamu ganteng? Oh... silakan masuk mas ganteng.”

Ngehe juga ya? Emang!


8.    Jalanan Macet
Yang kampusnya jauh dari rumah atau kost, pasti sering pake motor atau angkutan umum buat dateng ke kampus. Nah... kalo dijalan ketemu macet, apa kamu nggak terlambat? Minimal sih terlambat. Ini alasannya :

”Maaf Bu, saya terlambat. Tadi di jalanan macet banget Bu. Motor Saya ngambek, nggak mau jalan. Soalnya kecapean nunggu jalan lancar. Maaf ya Bu.”
”Kasian juga kamu nak. Semoga motornya baik – baik saja. Silakan duduk.”

Nggak ada salahnya dicoba, biar kehidupan kuliah atau sekolah kalian nggak macet.


Nah... dari 8 point tadi bisa banget kalian coba. Tapi dari awal gue pengen ngajarin yang bener – bener aja. Maka dari itu, tiap point tadi kamu harus jujur. Misal bantu temen kamu sakit, kamu harus bikin temen kamu sakit dulu, baru deh kalian bikin alasan karena harus bantu temen. Atau karena ban motor kamu bocor, kamu harus bocorin ban kamu dulu, baru deh kamu pake alasan ban motor bocor. Usahakan yang masuk akal biar akal kamu dan akal dosen tetep sehat.

Hmmm.. dari 8 point tadi ada yang pernah make? Atau ada yang beda? Komen ya! :)

14 Komentar Penting

biasanya pake bangun telat karena emang kadang hobi bangun telat -____-"

Reply

dulu jaman masih kuliah ada salah satu dosen yang bikin perjanjian sama mahasiswanya kalau baik dosen dan mahasiswa gak ada yg boleh telat, begitu jam kuliah mulai mahasiswa yang telat gak boleh masuk, kalau kehadiran dibawah 75% mahasiswa gak bs ikut ujian, kalau kehadiran dosen yg dibawah 75%, gak ada ujian dan semua mahasiswa lulus dengan minimal nilai B.

Reply

hampir gue merasa ini blog bang allit, rada mirip gitu ;D

eniwei, dari semua alasan itu, hampir sudah semua gue pake, kecuali lupa jalan kampus, nah itu sulit banget kayaknya.

kalo hujan, itu dosen gak bakal nyanya alasan lagi, dia udah bisa nebak pasti alasan anak-anak kelas akan sama "maaf bu telat, tadi hujan"

:D

Reply

astaga.. hobi? kurangin makan gorengan deh mulai sekarang :p

Reply

wah.. udah nggak kuliah? :D

sama sih, tapi nggak sampe dosen yang harus kayak gitu, cuma mahasiswanya doang. :)
mending berangkat semua, dapet A semua :D

Makasih :)

Reply

emang gue bikin sama, soalnya gue emang suka desain punya alitt. kebetulan gue juga suka warna merah, merah marun juga gue suka. :)

sama, kalo pun beneran lupa, kitanya sulit bikin kata2.. :D

he'em, gue juga. pernah kehujanan, telat, dapet "oh iya". haha :D

Makasih :)

Reply

Hahaha. Telat bangun biasanya gagal di kampus gue :|

Reply

huahahahhahahahahha ini kayaknya dosennya yang terlalu baik mah XD

Reply

kalo gue seringnya ngolor ngolor waktu buat berangkat jadi telat deh -_-

Reply

Bener banget tuh, tapi agak gak rasional aja sama yang lupa jalan kampus itu. Sayang yang lainnya udah keren, rasional banget. Coba lupa jalan kampusnya dihilangin pasti keren.

Kelamaan boker biasanya bikin saya telat ngampus

Reply

cari alasan lain. misalnya gebetan kelupaan bangunin~

Reply

dosen mana lagi yang nggak sayang Mahasiswa Absurd nya~ :D

Reply

kok sama, sih.. jangan-jangaaaaannnn~ :D

Reply

Namanya juga Mahasiswa Absurd. Hal yang nggak rasional, pun tetep dipake~ :D

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))