Perilaku Pengguna Twitter 2013

"Follback dong kak... :'("
"#JFB tepatin"
"Follback atau unfoll?"

perilaku pengguna twitter
Pernah enggak dapet mention kayak gitu? Kalo pernah selamat deh, berarti segitu pentingnya kalian buat mereka yang ngemis follback. Kalo gue pribadi, mention kayak gitu udah enggak pernah, tapi kalau dulu awal punya twitter (2009 - 2010) lumayan banyak yang minta. Bukan karena gue penting... lebih pada hal yang gue sebut "awam" aja. Kok awam? Mirip facebook, ketika awal punya facebook pasti lagi seneng - senengnya nge-add orang sebanyak mungkin. Iya engga? :D

Di postingan gue kali ini, ada beberapa perilaku pengguna twitter yang pengen gue buka buat kalian. Simak baik - baik ya...


1. Minta Follback
Kayak pembukaan tadi, minta "follback" atau follow balik sebagai imbalan kepada follower yang mau follow kamu, masuk ke dalam salah satu perilaku pengguna twitter. Perilaku ini wajar kok, masih dibilang pengguna yang tau apa itu makna twitter. Tapi kalo emang mau di klasifikasikan ke dalam contoh ALAY, mungkin bisa masuk ke stadium awal.


Pengguna twitter di dunia menurut kalkulasi yang gue laksanakan mencapai jumlah yang sangat banyak yaitu banyak sekali. Ada yang jomblo kayak kamu, ada yang punya mantan, ada yang gak punya pacar bahkan ada yang baru aja di putusin sama pacarnya. Enggak tau ada berapa juta, bahkan milyaran orang yang udah pake jejaring sosial ini. Nah, ada berapa banyak dari jutaan pengguna ini yang pengen kamu kenal? Enggak semua kan? Jadi perilaku ngemis follback ini bisa juga termasuk perilaku ALAY atau berlebihan. Seorang pengguna twitter bisa aja enggak mau follback kamu karena enggak mau kenal kamu, misalnya mantan kamu. Itu contoh nyata, mutlak dan enggak usah dibantah kebenarannya.

Ada juga anggapan "Banyak Follower = Banyak Rejeki", astaga... dunia emang udah berubah. Minta follback ambisinya biar follower dia bisa banyak, ngalahin temen - temen yang lain dan berarti rejekinya juga banyak. Terus kalo udah di follback, seminggu kemudian di unfoll, ini contoh perilaku biadab dan jangan dicontoh.

Ada juga dapet follback dari akun publik yang udah banyak follower (misalnya jutaan follower, dan kalian pasti paham siapa saja mereka), seketika merasa bangga dan pamer di timeline terus di tandai sebagai favorite.

"Eh gue udah dapet follback dari @amnuhu loh... Dia baik banget, mau follback aku :)"
Terus di tandai sebagai favorite. *bakar gue sekarang*

Itu sekedar contoh, dan itu menjijikan. Bangga sih boleh aja, tapi liat juga berapa banyak yang akun publik follow, bukan kalian seorang. Masih ada banyak orang yang akun publik follow. Jadi enggak usah terlalu bangga, karena udah terlalu banyak orang yang membanggakan hal yang sama.


2. Ngobrol di Twitter
Tau nggak? Saat abang gue, sebut aja dia "Jack Dorsey" mendirikan twitter pada 15 Juli 2006, dia memfungsikan Twitter sebagai "Micro Blogging". Sangat jelas perbedaan twitter zaman dulu awal twitter ada, dan zaman ALAY merebak di timeline.

Parahnya, sekarang ini banyak banget pengguna twitter ngobrol di twitter, dan nggak lupa nambahin RT di dalam tweetnya. Sedikit cerita, dulu (seingat gue sekitar tahun 2011) gue pernah dibentak - bentak sama orang gegara bales mention pake RT di dalemnya. Kata orang itu sih, itu norak banget dan gue nggak termasuk anak gaul zaman itu. Tapi apa yang terjadi zaman sekarang ini? Itu wajar kan ya? Ckckck...

Ngobrol via Twitter ini merupakan hal yang gue anggap lebay (padahal gue juga sih). Soalnya kan ada media yang lebih intim lagi dibanding twitter. Misalnya ; SMS, Telepon atau ketemu langsung. Sering gue temukan tweet yang sifatnya penting dan bisa dibahas di SMS atau telepon malah di bahas di twitter.

"Eh tau nggak, barusan ada kecelakaan loh."
"Bro, PR matematika Pak Jumadil gimana udah di kerjain belum?"
"Kamu jahat ya sekarang. Kamu udah aku sayang, tapi kenapa kamu tinggalin aku? Kamu jahat :'("

Pernah nemuin kayak gitu? Kalo pernah mari kita bunuh mereka bersama - sama. *bawa tombak*

Gimana kalo nemu orang pacaran di Twitter? Seru kali ya? Seru sih buat yang pacaran, terus buat yang lagi jomblo kayak gue dan kalian, akan seketika membuat mata perih dan membutuhkan pengobatan selama 7x berturut turut di poli mata rumah sakit terdekat.

"@sicewe Sayang, kamu jangan lupa makan ya! @sicowo :*"

dan di bales

"@sicowo Iya sayang, kamu juga ya :* RT @sicewe : Sayang, kamu jangan lupa makan ya! @sicowo :*"

gimana rasanya? adem kan? adem banget kalo bacanya di kutub dan sekitarnya sana. Seolah - olah mereka nggak memikirkan orang lain yang beda nasib dan beda status. Hanya memikirkan kesenangan pribadi tanpa memikirkan kesenangan lingkungan... ehm, lingkungan perasaan lebih tepatnya.

Terus ada juga, pamitan mau pergi sama temen atau pamitan mau tidur duluan.

1. "@sicewe sayang, aku minta ijin. Mau jalan ama temen - temen boleh ya? :) @sicowo"

2. "@sicewe sayang aku udah ngantuk, aku tidur duluan ya? ILU INU IMU :* @sicowo"


seketika di bales


1. "@sicowo boleh kok sayang. oleh - olehnya ya, pisang goreng ama kacang rebusnya 2 :) RT @sicewe : sayang, aku minta ijin. Mau jalan ama temen - temen boleh ya? :) @sicowo"

2. "@sicowo iya sayang, mimpi indah ya. ILU IMU INU GGMU HBD SPBU SNMPTN SMP SD SMK SMA RT @sicewe : sayang aku udah ngantuk, aku tidur duluan ya? ILU INU IMU :* @sicowo"

Sorry kalo gue memulai tweet di atas dari @sicewe. Soalnya kebanyakan tweet yang gue temuin berawal dari cewe duluan, dan @sicowo menyambut dengan lebih lebay. :D


3. Asal Hastag
Hastag ini bagian dari twitter, gunanya biar orang - orang yang pengen diskusi di twitter enggak salah komentar kalo nemu tweet orang lain di negeri seberang. Misalnya :

"@Indonesia Budaya kita adalah kekuatan kita, mari kita jaga demi kemajuan bangsa. #TorTorPunyaIndonesia"

terus negeri seberang bales

"@negeriseberang Tor Tor bukan maksud kita klaim, hanya saja ingin kita lestarikan #TorTorPunyaIndonesia RT @Indonesia : Budaya kita adalah kekuatan kita, mari kita jaga demi kemajuan bangsa. #TorTorPunyaIndonesia"

Contoh di atas adalah contoh yang bener, enggak salah alamat. Tapi gimana kalo yang ini :

"@Alay AdUch, kAki ku sAkidt. Tadi jaToEh dI tAngGa sEkoLah #sakit"

tiba - tiba negeri seberang ada yang bales

"@negeriseberang kesian kali ini orang, lagi sakit masih bisa main twitter. #KoinUntukAlay RT @Alay : AdUch, kAki ku sAkidt. Tadi jaToEh dI tAngGa sEkoLah #sakit"
Martabat bangsa dihancurkan akibat perilaku yang nggak bener.

Itu contoh kecil gimana seseorang ngasih komentar di dalam tweet orang lain. Dan bakal ada yang komentar bener kalo hastag kamu bener, begitu sebaliknya.


Itu menurut gue, kalo ada yang lain bisa ditambah di kolom komentar. Jangan tersinggung, gue juga pernah ngelakuin hal - hal tadi, tapi nggak separah kalian juga sih... Marik jadi pengguna twitter yang smart! Contoh di atas nggak salah kok, dan gue juga nggak nyalahin mereka yang ngelakuin hal di atas. Itu semua cuma contoh aja, biar kita semua bisa bercermin. Hehehe...

34 Komentar Penting

hahaha so true!!!!
bener banget dari tahun 2010 aku juga pernah kayak gitu kali :)))))
tapi skrg udah enggak please *itu geli kalao kata raditya dika*
kalo baca ini jadi inget alaynya aku wkt pertama punya twitter. sering ngetweet yg gak penting.
tapi biarlah, masa peralihan itu hehe. #duniaharustau hastag paling sering dipake anak twitter

Reply

Kayaknya pengalaman pribadi nih!! hehe

Reply
Anonim Author

gue jg pernah kyk gitu.. pertama punya twitter gue bangga kalo tweet gue sampe 4000an.. dan sekarang udah gue hapus 4000 tweetnya..

Reply

yang paling parah, udah ngefollow, minta folback, terus masih nanya "siapa? anak mana?" njirr banget -,-

Reply

hahahaha.. nusuk banget, ane masih suka salah hastag :D <---- alayers

Reply

hahaha.. ALAY itu enggak dosa kan ya... kalo nggak ALAY berarti belom pernah muda. :D

Makasih udah baca :)

Reply

Iya sih.. tapi nggak parah banget :P

Makasih udah mampir :)

Reply

hehe.. sama, gue juga pernah bangga dengan hal konyol itu.. :)

Reply

hahaha.. mari kita bunuh mereka *eh :D

makasih udah mampir :)

Reply

nggak salah kok.. cuma kurang bener aja :p

makasih udah baca :)

Reply

Hahaha, bener tuh, paling males banget kalo ada yang pacaran beeeh, pengen banget di unfoll. Tapi temen sendiri xD

Reply

ya udah di banyakin sabarnya aja.. :D

makasih udah mampir :D

Reply

pengguna baru twitter sekarang memang makin ngawur, bisa-bisa nanti seperti facebook kebanyakan alay

Reply

bener... bener. terus twitter jadi sepi, ganti friendster lagi. haha :D

Reply

kayaknya ane alami semuanya... semuanya....

following sukses, pasang banner juga sukse... salam kenal ya... :)

Reply

yang paling nyebelin kalo ada yang pacaran di twitter dan selalu muncul timeline gue. Mereka nggak mikirin gue, mereka nggak mikirin perasaan jomblo yg lain selain gue. apa dikira itu twitter punya neneknya kali ya? bisa seenaknya sendiri

Reply

Nah nah.
Setuju banget twitter skrng ini = SMS. Jadi, Ketauan kan inbox sama sent item-nya, haha.

Terkadang ada tweet yang ampe beribu2. Seandainya kalo per tweet dihargai Rp 1000. Lumayan kan tuh. --"

Salam kenal ya :')

Reply

mhihihi.. ane nggak nyindir lho :D

oke.. makasih, salam kenal juga :)

Reply

gue juga pernah bikin iri temen sendiri.. tapi pada akhirnya sekarang gue yang iri.. semacam karma gitu ya? :|

Makasih, salam kenal :)

Reply

bener nih.. analogi yang masuk dengkul.. eh masuk akal :D

gue juga lho, udah masuk 9ribu.. 9ribu x 1ribu = 9juta.. buru - buru beli kambing qurban kalo gitu :D

makasih.. salam kenal juga :)

Reply

haha, saya juga sering ke frienster lagi om

Reply

ikutan ah.. sapa tau ada yang nyantel.. :D

Reply

udah baca., true.

Reply

Ngakak juga ahaha perilaku anak jaman skrg (tapi gua juga kadang gitu sih hehe)

Reply

horre ketahuan.. :p

makasih.. salam kenal :)

Reply

belum pengalaman..jarang maen twit-twit tan..hehe

Reply

hehe.. dicoba dulu, asik kok mainan twitter :D

makasih udah mampir :)

Reply

Nah, iya kan masuk akal.
Daripada masuk angin. #apacoba --"

Nah, iya tuh ya.
Lumayan banget. Ditabung aja buat modal nikah ntr. *loh, hah!

Reply

hahaha kampret dah :))

Reply

cerita dari pengalaman yang bagus sekali Bro, gunakan media twitter dengan bijak saja kan, ya? :D

Reply

makasih bro.. bener, bijak sana maupun bijak sini.. :D

Reply

lucu juga sih bacanya.
tapi salah nggak sih bang nggak punya twitter?
gua males aja gitu sih soalnya...

Reply

ngga lah.. emang ada yang ngelarang ya. cobain aja dek, kali aja bermanfaat. :)

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))