Mengetahui Karakter Orang Ketika Ujian

Hallo permisi. Numpang lewat di pikiran kalian guys. Semoga gue nggak ngacak - acak pikiran jernih kalian menjadi semakin jernih keruh. Semoga...

Minggu ini, adalah minggu dimana gue lagi sibuk ngerjain UTS. Berkutat dengan materi tengah semester genap yang telah gue lalui. Bertemu dengan buku - buku tebal nan mengerikan selama 2 minggu sejak tanggal 25 Maret kemaren. UTS itu ujian tengah sadar. Jadi pikiran gue waktu ngerjain juga setengah sadar, antara niat ngerjain dan nggak niat. Tapi yang gue rasain selama ini, gue lancar - lancar aja ngerjain UTSnya.
source : google.com
Ditengah UTS berlangsung, gue juga nyari - nyari inspsirasi yang cocok buat gue tulis, termasuk pas ujian. Biar agak mainstream gitu, dan mudah buat gue eksplorasi. Halah, gue ngomong apa sih. Yuk dah, simak tulisan gue Mengetahui Karakter Orang Ketika Ujian ini ya :


1. Terbuka
Orang dengan sifat terbuka, akan lebih mudah diketahui seluk beluk kehidupannya termasuk kancut yang dia pake. Eh, maksud gue kerjaan yang dia kerjain pas ujian. Tiap kerjaan yang udah dia kerjain pasti langsung dikasih tahu ke temen - temen seruangan, sekalipun nggak ada yang nanya ke dia.

2. Tertutup
Orang yang punya sifat tertutup, akan cenderung menutupi apa yang dia punya, termasuk pas ujian berlangsung. Minimal pas ngerjain ujian, tangan kanan pegangin pulpen buat nulis, tangan kiri pegangin karton ukuran A3 buat nutupin hasil kerjaan dia, biar nggak ada yang tau sebenernya dia ngerjain apa, termasuk pengawas sekalipun. Terjadi juga ketika dia mau ngumpulin kerjaan pas waktu udah abis. Yang lain pada sibuk nyari jawaban buat nomer yang masih kosong, dia masih setia nunggu temen temen terakhir, biar ruangan bener - bener tersisa dia dan pengawas. Selanjutnya, dia masukin sendiri kertas kerjaannya ke dalam amplop yang di bawa pengawas.

3. Penakut
Orang dengan sifat penakut, nggak jauh - jauh dari yang namanya deg - degan. Please banget ini bukan iklan kopi. Pas ujian berlangsung, kadang ujian kita nggak selalu tenang, hening kayak di kuburan. Minimal ada suara - suara mantan manggil dari kejauhan. Atau suara temen kamu yang jualan pulsa nagih semua hutang - hutang kamu. Nah, kalo keadaan mulai nggak kondusif, pengawas pasti ngasih peringatan buat kalian - kalian yang mulai risau dengan status yang kalian sandang. Dia, sebagai pemilik sifat penakut, pasti tiba - tiba terlihat anteng ketakutan, merinding, kejang - kejang, muntah darah.

4. Rasa Ingin Tahu Besar
Orang dengan karakter semacam ini agak absurd. Semua peserta ujian tenang, lancar juga ngerjainnya. Tapi orang ini pasti clingak - clinguk nyari jawaban temen lain. Kayak tentara bergerilya. Bedanya, kalo tentara langsung maju menyerang, orang ini cuma baca doang. Kalo sama, dia akan tenang. Kalo beda, seketika dia akan menggelinjang.

5. Tenggang Rasa
Ini nggak ada bedanya sama orang yang sifatnya terbuka. Kalo orang ini, tanpa ditanyain, kalo ngeliat temennya susah pasti langsung ngebantu. Ngasih tahu semua jawaban yang dia tahu. Dari awal pertanyaan sampai akhir pertanyaan.

Contohnya :
Anggap saja nama dia Bejo. Si Bejo ditanyain sama temen yang dibelakang tempat dia duduk saat ujian. Saat itu ujian mata kuliah sejarah kalkulus. Ehm.. maksudnya sejarah pembuatan mata kuliah kalkulus. Temen si Budi kebetuluan mengalami keterbelakangan otak. Dia nggak mampu menyimpang memori tentang sejarah, apalagi sejarah mantan - mantannya. Dikarenakan terlalu banyak mantan gebetan yang hanya dia dapatkan. Soal nomer 1 sampai 3 Budi sudah kerjakan, namun temen Budi tidak mampu mengerjakan. Akhirnya, Budi dengan ikhlas dan penuh rasa tenggang rasa memberikan kertas jawaban milik Budi kepada temennya tersebut.

6. Kreatif
Orang dengan sifat / karakter yang kreatif pasti nggak jauh - jauh dari hal yang nggak wajar di kalangan umum. Umum kejombloan maksud gue. Mencoba hal yang baru, dengan inovasi dan ekspansi pemikiran yang tidak rasional. Tapi terkadang orang ini banyak disukai orang, termasuk lawan jenis. #AntiSesamaJenis

Kegiatan yang dia lakuin sebelum ujian dilaksanakan nggak jauh pula dari yang namanya inovasi. Dia memiliki sebuah contekan berupa miniatur buku mata kuliah. Di scan / fotocopy, dengan kertas buram, diperkecil sekecil - kecilnya, kemudian di print bolak - balik.

7. Pembohong
Pembohong adalah orang yang ketika ditanyain pasti jawabnya nggak sesuai fakta. Kadang kita sebagai anak yang pinter, pengen juga nanya ke temen yang lebih pinter. Tapi kenapa pembohong sering juga singgah ke orang yang lebih pinter dari kita. Misal ketika nanya tentang jawaban yang menurut kita meragukan ke temen yang lebih pinter. Dijawabnya dia enggak tau dan dia juga belum nemu jawaban. Tapi kenapa 10 detik kemudian dia beranjak dari tempat duduk kemudian pergi meninggalkan ruang ujian.

8. Pelit
Orang ini jelas. Udah jelas banget. Nggak usah gue jelasin.


Yap. Itu menurut gue. Kalo salah, dibenerin ya guys! Tulisan gue jelek, jadi mohon komentarnya. Tambahin kalo gue kurang. Makasih :')

18 Komentar Penting

hahaha kalau gue baru tadi uts fisika, daripada nungguin contekan mending keluar ruangan aja udah mentok soalnya wkwk

Reply

buahahaha.. sabar bro.. sabar. semua akan indah pada "waktunya". haha :D

makasih udah mampir :)

Reply

mending yang tertutup ye dari pada yg pembohong,,

Reply

xixixixii seru yaa liat orang yang lagi ujian :D

Reply

Yap. lebih mending lagi kalo terbuka.. hahaha :D

makasih :)

Reply

seru banget, puol! hahaha :D
apa lagi kalo kita bisa gangguin yang lagi ujian, seakan lagi nikmatin serpihan surga :D

makasih :)

Reply

kayaknya aku masuk kreatif. hahahahaha. sekarang masih tetep, tapi gak pernah dipake kerpekan ujian, sudah besar, sudah tobat :3

Reply

kalo poin nomer 4 di terapkan saat UN 20 paket gimana ya? haha

Reply

sok tobat nih.. ngaku aja gapapa kok, kalo sekarang masih suka gitu :p

makasih ya :)

Reply

beuh.. nggak bakal nemu yang sama. keculai clingak clinguknya ke ruang sebelah :p

makasih :)

Reply

Jadi kangen ujian. Terakhir ikut ujian itu, delapan tahun yang lalu. :'(

Reply

hahaha.. sekarang ujian bang. yok, siapin alat tulisanya.. :D

makasih.. :)

Reply

Gua jujur bahwa gua dulu sering bohongin orang yg maksa2 minta contekan ke gua, hahaha...

Reply

hahaha , kalo gue dulu pas ujian malah kebelet boker dan keringetan ...
gue jadi termassuk tipe apa nih?

Reply

wah, jahat lo bro. tapi gue juga sering gitu ding! :D

makasih :)

Reply

tipe yang nggak ada di pikiran gue bro. selamat deh lo nggak jadi orang aneh yang selalu gue pikirin. :p

makasih :D

Reply

sebenarnya ga nyontek pun gpp, tapi kalian terlalu khawatir ga lulus sih :D

Reply

betull.. betul.. :D

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))