Bahasa Walikan Jogja

Hallo.. Kawan blogger Indonesia yang gue sayangi dan gue banggakan. Masih bersama gue, Aminudin Nurhuda di blog terjelek sejagad blogger. Yap... detik ini, gue mau bahas yang namanya "Bahasa Walikan khas Jogja" !!

Apa itu Bahasa Walikan?

Yak... pertanyaan bagus.
Bahasa walikan yaitu, bahasa yang diwalik atau dibalik. Bahasa yang membalikan susunan dari sebuah urutan tata bahasa jawa.

Bahasa ini konon digunakan oleh pejuang kemerdekaan untuk berkomunikasi secara lisan maupun tulisan, yang fungsinya sebagai sandi yang hanya dimengerti oleh orang-orang pribumi. Namun, awal tahun 70an, bahasa ini memiliki eksistensinya kembali setelah sekian lama masyarakat asli Jogja engga menggunakannya lagi. Sayangnya, eksistensi ini dimulai oleh beberapa gali -sebutan untuk penjahat- di sekitar Jogja.


Langsung aja. Ini yang gue maksud walikan atau dibalik tadi.


Bisa dilihat. Bahwa gambar di atas merupakan susunan huruf jawa yang benar. Dengan tanda panah yang menunjukan kebalikan untuk penggunaan bahasa walikan. Jadi, kalo mau menggunakan bahasa walikan, kalian harus membalik dua baris atas dipindah ke baris bawah.

Dan kira-kira seperti inilah hasil ketika kalian membalikan sususan huruf jawa.


Ini contoh penggunaannya :

1. Ibu : Pisu
2. Bapak : Sahak
3. Ayu : Paru
4. Udin : Pumin
5. Hujan : Pucan

Dan seterusnya.
Kalian bisa pake bahasa ini untuk kode diantara guru atau dosen kalian pas lagi ulangan atau ujian nasional. Minimal mengurangi kemungkinan terburuk beliau ngerti bahasa yang kalian pake. Tapi saran gue, jangan sering digunain dan sampe guru atau dosen denger. Soalnya kalian bakal dicurigai, kemudian diculik oleh orang suruhan guru atau dosen kalian. Kemudian kalian menjadi daftar orang hilang. Jangan...

Oke. Ketik nama kalian di comment bos ya. Tapi pake bahasa walikan... Sekian. :))

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))