Perusak Konsentrasi Ujian

Hallo apa kabar? Alhamdulillah baik, kan? Gimana sekolah atau kuliahnya? Lancar jaya, kan? Gue sendiri, Alhamdulillah, semester tiga ini udah gue lalui dengan seksama dan dalam tempo yang sesuai dengan patokan kampus. Enggak mungkin juga gue ngebut nyelesain kuliah sendirian, ujian sendirian, lulus sendirian, pake toga sendirian.

Selama jadi anak kuliahan, gue ngerasain jadi "diri" gue sendiri, dengan pilihan hidup yang pengen gue tempuh. Walaupun tetep, orang tua juga masih ngarahin jalan mana yang gue tempuh, tapi rasanya kayak enteng banget ngejalani hidup. Mungkin ini rasanya mandiri.

Semester tiga kemarin, gue tutup dengan ujian akhir yang... lumayan lah. Semoga nilainya sempurna. Walupun gue ngerasain susah banget, pas ngerjain soal. Tapi yaudah lah ya, namanya juga hidup. Ujian hidup.

Konsentrasi Ujian

Di dalam ujian kemarin, banyak banget hal yang bikin rusak konsentrasi gue waktu ngerjain soal. Rasanya pengin banget ngegampar hal-hal itu pake papan tulis. Kalau enggak, gue ngalah, mending lompat dari lantai 3 kampus. Daripada konsentrasi terbuang sia-sia.

Apa aja sih?

Simak baik-baik, ya..


1. Posisi di Ruang Ujian
Hal paling utama yang dipikirkan mahasiswa adalah masalah posisi. Seiring dengan masih berkibarnya sinyal; "Posisi Menentukan Prestasi", posisi di ruang ujian masih menduduki urutan pertama untuk perusak konsentrasi ujian.

Konsentrasi dalam ujian sangat dipengaruhi oleh posisi, kalau mahasiswa itu tergolong dalam orang yang kurang percaya diri. Tangan basah, keringat bercucuran, kertas ujian kebanjiran. Parahnya, bisa menggelinjang sampai ke ruang sebelah.

2. Pengawas
Pengawas bisa menjadi perusak konsentrasi dalam ujian. Bukan pengawas killer. Soalnya, pengawas killer udah terlalu mainstream, sampai akhirnya mahasiswa terbiasa menghadapi pengawas bertipe ini.

Pengawas yang bisa bikin konsentrasi rusak adalah pengawas yang diam namun menghanyutkan. Iya. Dari awal masuk, pengawas cuma diem. Nggak ada omongan sama sekali. Tahu-tahu nama kalian dicatat sebagai salah satu peserta ujian yang melanggar ujian. Padahal pas ujian cuma nyepik temen sekelas doang.

3. Perlengkapan Kurang
Ujian sangat membutuhkan ketelitian, salah satunya perlengkapan. Mana mungkin kalian bisa menghapus tulisan yang salah, cuma pake upil doang? Kalian butuh tipe-x, buat bisa menghapus tulisan yang salah.

Tapi, kalau kalian nggak punya, mau minjem? Nggak bakalan ada yang mau ngasih minjem kalau kalian duduk di antara temen yang egois.

Yang ada kalian cuma bisa ngebayangin tuh tipe-x melayang-layang jadi zombie. Menghantui kalian, muncul disetiap sudut kertas ujian.

Eh bentar... Zombie apaan sih?

4. Temen Datang Terlambat
Pepatah bilang; "Lebih Baik Terlambat Daripada Tidak Sama Sekali", gue anggap nggak ada gunanya kalau lagi ujian. Kemarin saat hari terakhir ujian, ada temen datang terlambat. Dia adalah mahasiswa paling sering terlambat. Kalau nggak salah tiap ujian dia terlambat.

Mending datangnya tenang, anggun, duduk diam langsung ngerjain soal. Kalau dia, dengan sepatu pantofel yang nggak cocok banget sama gaya pakaian yang dia pake, dengan sengaja kencengin suara langkah pas masuk ruang ujian. Mungkin bunyinya kayak gini : "Celethok... Celethok... Celethooookk!!". Ganggu banget.

5. Contekan Kalah Lengkap
Bagi orang yang kurang percaya diri dan kebetulan (maaf) jomblo, contekan adalah penyemangat tersendiri ketika menghadapi ujian akhir. Yah, walaupun ujung-ujungnya nggak dibaca, kalau contekan aja kalah lengkap, konsentrasi bisa rusak gara-gara ini.

Ngeliat temen ngejereng kertas isi contekan, rasanya lemes, pucat, pengin langsung makan ke kantin bentar. Abis itu balik sambil salto keruangan ujian.

6. Cuaca Enggak Menentu
Saat kalian lagi sibuk ngerjain soal ujian akhir, nggak mau dong  konsentrasi kalian dirusak sama hal-hal diluar ruangan, misalnya aja cuaca. Pagi berangkat ujian, matahari masih terik. Pas awal ujian tiba-tiba mendung.

Nggak salah kalau konsentrasi kalian tiba-tiba rusak tanpa ada komando. Cemas banget mikirin cucian yang tadi pagi dijemur. Sepanjang ujian, kalian nggak maksimal buat ngerjain soal. Memelas pengin banget ke kost buat mindahin jemuran di depan ruang ujian biar gampang dipantau.

Yah... Segitu dulu tentang perusak konsentrasi ujian menurut gue. Kalau ada yang kurang, bisa kalian tambah di komentar ya. Terimakasih :)

54 Komentar Penting

emh, menurut gua hal yang paling menganggu konsentrasi adalah posisi duduk, yah meskipun semua yang km sebutin tadi tu semua bener.. :)

expresiuci.blogspot.com

Reply

Ho'oh !! Gue sering bro ngerasain jadi striker. Kerjaannya pas ujian didepan mulu

Reply

apalagi dipelototin sama pengawas terus ya mas hahah

Reply

Bagi gue bro, hal yang merusak konsentrasi ujian adalah temen2 kelas sebelah yang duluan keluar ruangan ketimbang gue. Itu keras banget. Mereka kayak punya magnet, narik2 biar gue ikutan keluar walaupun tes belum selesai. Haha.

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Yg pasti prinsip ujian mah "datang, jawab soal, pulang, lupakan".
Simpel banget. Kalau nilai jelek ya tinggal ngulang.

Reply

Yang paling menyebalkan itu kalau udah duduk didepan, materninya tang dikeluarin jauh dari materi yang dipelajari, atau bahkan yang diajarkan dosen.

Reply

perusak konsentrasi ujian gue cuma satu.. "Lembar jawaban temen" (rumput tetangga lebih indah kayaknya)

Haha

Reply

perusak konsentrasi ujian gue adalah...... pengawas yang kadang2 masih muda nan cantik jelita. hahaha

Reply

Anjir gue ngakak hahaha

Reply

Apalah arti nilai hahaha yang penting mah jujur.

Reply

emang krusial.. :D

Reply

gue jadi kiper. percuma kiper, ditungguin di samping mulu. :D

Reply

oiya.. bener. gue sering kayak gitu. pas lagi ada pencerahan, kelas sebelah rame. balik burem lagi. :D

Reply

yah.. dihapus. :(

Reply

muehehe.. sikap orang berbeda-beda. :D

Reply

itu skak mat. atau kayak rantai putus di tengah jembatan move on. :D

Reply

ebuset.. apalagi kalo lembar jawab temen jauh lebih rapi, penuh selembar. ahahaha :D

Reply

ini sebenernya mau gue masukin. tapi takut kalo ada oknum kampus yang ngeliat. hhuehehe :D

Reply

apalah arti jujur kalo nggak dapet nilai.. ihik.. :D

Reply

wahahaha hampir semua orang pernah ngalamin pengalaman ujian ginian ya :)

Reply

satu lagi mas, perusak konsentrasi ujian adalah terlalu banyak ngeblog, hehehe :D

Reply

huahaha.. termasuk situ juga. :D

Reply

wuih ada mbak indri. :D
Iya.. tapi tetep eling kewajiban. Hehe

Reply

kalau lagi musim hujan kayak gini pasti cuaca deh...

Reply

posisi duduk emang bener-bener paling ngerusak konsentrasi, aku lebih milih duduk di barisan kedua dari depan. soalnya kalo paling depan muka pengawas bikin deg-degan, tapi kalo lebih belakang lagi tingkah temen-temen di depan kita yang bakalan bikin konsentrasi buyar.

Reply

iya.. samaan. tapi enakan yang tengah. agak lebih nyaman aja gitu. Hehe :D

Reply

yok i.. pengalaman banget kalo itu.. :D

Reply

Perusak konsenstrasi yaa?? Waktu yang nggag imbang sama soal yang ada dilembar soal. -___-
Aku sering sih ngalamin kehabisan waktu, padahal tangan masih asik merangkai puisi (jawaban) di lembar jawaban.
Yaelah, ya sudahlah...

Reply

posisi duduk di depan pengawas adalah perusak konsentrasi ujian nomor 1. Eh, ini mau ujian atau mau nyontek sih?

Reply

iya. kemarin gitu. soalnya seabrek, waktunya seupil. nggak maksimal. :|

Reply

nyontek sambil ujian.. huehehe :D

Reply

Ada lagi mas, yaitu temen yang ngebet banget minta contekkan. Temen yang pengennya cepet2, kadang malah bikin kita ribet. Alhasil konsentrasinya terganggu deh.

Anyway, thanks udah main ke blog :))

Reply

betul juga nih.. hehe :D

Samasama :D

Reply

Biasanya adek kelas yang bikin rusak konsentrasi *elap iler*

Reply

matanya, Mas... jelalatan! :D

Reply

haha setuju, dosen yang diam-diam menghanyutkan lebih ngeri daripada dosen killer

Reply

Nah.. pernah juga berarti. hahaha :D

Reply

1 lagi men, Pacar dan Mantan.

Itu bener-bener ngerusak konsentrasi belajar.

Reply

Temen datang terlambat dan temen yang keluar kelas duluan selalu mengganggu konsentrasi gue haha

Reply

konsentrasi dalam ujian, bro. tapi itu termasuk juga, deh! :D

Reply

nah.. yang keluar duluan itu lebih jahanam dari masa lalu yang kelam. :D

Reply

Pengawas does matter !

Yang paling mengganggu itu kadang ada pengawas, ibu-ibu yang suara sepatunya keras banget kalo lagi jalan, tepak tepok tepak tepok ~_~

Reply

perusak konsentrasi aku yg paling utama itu, nggak tau kenapa kalau lagi ujian lagi demen banget ngelakuin semua hobi yang selama ini ditinggalkan. Pengen nonton lah, internetan lah, baca buku (novel + komik lah). Kayaknya tergoda banget nyantai-nyantai kayak begitu. Berjam-jam juga betah. Giliran baca hand-out langsung gantuk, padahal udah berdo'a sebelum belajar -..-"

Reply

ditambah kalo jalan suka di belakang kita mulu. rusak sudah pikiran kita! :D

Reply

hahahaha.. berdoanya ditambahin porsinya. :p

Reply

Kalo menurut saya yang paling merusak konsentrasi pas ga bisa ngerjain soal #Keplok

Reply

Kalo di BSI sih, ada beberapa poin yang hilang disitu, kalo masalah contekan, kita langsung nyontek di modul masing2 dlm laptop, kan ujiannya online, tapi hati2 sama CCTV :P
trus masalah yg datang terlambat, kalo udh dikonci, mau dobrak pintu jg ga bakal dibolehin masuk. Haha..

(andre.web.id)

Reply

menurutku, yang paling merusak konsentrasi saat ujian itu muncul bayang-bayang mantan di kertas ujian.
eh sinyal di dalem ruangan juga pengaruh. kalau gaada sinyal ya gabisa browsing ._.

Reply

jadi pusing sendiri gitu ya? hehehe

Reply

wuoh.. ada anak BSI. kalah canggih. :D *sungkem*

Reply

ciyeh, yang diienget mantan mulu. browsing pun ngeliat timeline mantan~ :D

Reply

bagi gua perusak konsentrasi ujian itu
1. temen yg ribut minta contekan
2. wifi yang sering ilang timbul.
haha

Reply

hahaha.. bisa wifi emang suka gitu.

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))