Tempat Wisata di Magelang

Aslinya gue dilahirkan dengan sangat selamat di Grobogan beberapa puluh tahun silam. Setahun kemudian, gue dibesarkan di Kab. Magelang yang luar biasa indahnya. Mulai dari alam sampai para penghuni Kabupaten yang punya segudang keindahan alam ini.

Magelang sendiri memiliki banyak arti, mulai dari Maha Gelang yang artinya gelang yang besar. Sampai dengan arti lain seperti Tepung Gelang :
Magelang berasal dari kata tepung gelang, yang berarti "mengepung rapat seperti gelang". Nama tersebut diberikan untuk mengenang Raja Jin Sonta yang dikepung di daerah ini oleh pasukan Mataram sebelum akhirnya mati di tangan Pangeran Purbaya. - http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Magelang
Tapi apalah sebuah arti, kalau kita semua nggak tahu apa aja isi di Kab. Magelang, khususnya tempat wisata. Apa aja sih? Ayok dah simak :

1. Candi Borobudur
Yang pertama dan yang paling utama adalah sebuah mahakarya peninggalan Dinasti Syailendra yang kini menjadi kebanggaan Indonesia dan dunia, berada di Wilayah Kabupaten Magelang. Ingat, berada di Wilayah Kabupaten Magelang. Kebanyakan turis dari luar maupun dalam negeri pasti mengira kalau borobudur terletak di Yogyakarta. Di sini gue tegaskan, itu salah besar.

Borobudur

Di Candi Borobudur kalian bisa ngeliat seisi Mahakarya warisan dunia ini sampe mabok. Mulai dari batuan sampai cerita yang terukir pada dinding Candi Borobudur. Buat tiketnya sangat murah untuk semua manfaat yang kalian dapetin. Atau kalo mau gratis, bisa mention gue sebelum kalian dateng kesini. :p


2. Candi Mendut
Selain Candi Borobudur yang udah sangat amat terkenal, ada lagi Candi yang nggak kalah terkenal. Candi ini bernama Candi Mendut. Bahkan, Candi ini digunakan sebagai tempat pertama peringatan hari Waisak Umat Budha, sebelum mencapai ke Borobudur.

Mendut

Kalian semua pasti pernah ngeliat Candi Mendut ini di televisi. Soalnya saat liputan Hari Waisak oleh stasiun televisi, mereka pasti akan mengabil gambar di sini, sebelum ke Candi borobudur.

3. Ketep Pass
Ketep Pass adalah sebuah tempat yang berada di perimpangan jalan dari Magelang - Boyolali. Lokasi ini berada di atas gue. Maksudnya, ada di dataran tinggi sekitaran tempat tinggal gue. Mungkin sekitar 20 Kilo Meter dari rumah, gue bisa ngeliat pemandangan yang super indah dari sini. Mungkin semacam Puncak di Bogor.

Ketep Pass


Ketep Pass

Di sini kalian juga bisa ngeliat Volcano Teathre , yang menggambarkan dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Atau kalian nggak kuat, bisa angkat tangan sekarang.

4. Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu merupakan nama sebuah bukit yang terletak sekitar 4 km arah barat Candi Borobudur. Bukit yang terletak di Desa Karangrejo ini merupakan salah satu tempat terbaik buat melihat Indahnya Candi Borobudur di pagi hari sekaligus menunggu terbitnya matahari dari balik Gunung Merapi.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Dan masih banyak lagi tempat wisata di Magelang. Ada candi-candi yang gak kalah menarik. Ada air terjun juga. Pokoknya banyak banget. Kalo kalian berkesempatan ke Magelang, jangan lupa mention gue, biar kita bisa ketemuan. Hihi

Kalo kalian masih penasaran tentang tempat wisata di Magelang, bisa cek di www.magelangkab.go.id. Dan temukan banyak kejutan di tempat wisata Magelang.

Yak... sekian dulu. Kalo tempat wisata di daerah kalian apa aja? Sama... atau mirip? Kalo ada komentar, kasih aja. :D

27 Komentar Penting

Iya, gue juga dulu mikirnya kalo candi borobudur itu ada di yogykarta. ternyata di magelang yah....

Reply

wih nanti kalo ke magelang kesana ah

Adam Hasnan
Kunjungan Balik Ya

Reply

kereen, jadi pengen ke Magelang. belum pernah kesitu dari dulu

Reply

Iya.. Ma Ge Lang. Magelang!! :D

Reply

gue tungguin, bro. :D

Reply

weeeh gue orang magelaang dan udah pernah ketempat itu semua, betewe lu tinggal 20km dibawah ketep pass?? wah deket sama dusun kampung gue dong :D

Reply

gue sebagai orang Magelang gak rela kalo Borobudur itu letaknya di jogja meski dinas yang ngurusi jogja :) salam kenal ya

Reply

Saya belum pernah berkunjung ke Magelang. Pengennya sih kalau kesana ambil view sunrise borobudur. Eh ternyata jauh ya 4km dari borobudur, kirain bisa disekitarnya aja gitu.

Reply

selamat. anda gaul! :D
yok i.. mampir ke rumah, sinih! :)

Reply

iya, gue juga. tapi biarlah. warga Borobudur udah kecipratan rezekinya, kok. :D

Reply

4km = deket banget, loh. sini aja! :)

Reply

Udah pernah semua kecuali Punthuk itu. Itu memang cuman bukit aja atau gimana yah? kampung gue Magelang nih :))

Reply

iya. cuma bukit gitu. kapankapan ke sana bareng blogger magelang lain, yok! :D

Reply

gue tunggu.. :)

Reply

Punthuk Setumbu-nya bikin jatuh cinta :3

Reply

kesini, gue ajakin ke tempat itu! :D

Reply

Dulu pas ke punthuk stumbu tawar2an sampe 25 ribu udah dapet tiket buat liat sunrisenya. Asik banget ! :D

Anyway, salam kenal ya. Jangan bosen-bosen main ke blog. Thanks :))

Reply

+1 testimoni! :D

Salam kenal juga. Siap! :))

Reply

banyak banget wisata di daerah magelang ya..... nanti nyoba 1 1 deh...

Reply

yang di atas yang populer. masih banyak yang nggak kalah keren dari yang di atas itu. :D

Reply

Jadi pengen kesana
Tapi jauh banget dari tempat gue:(

Reply

indah yak oom..
tapi bakal lebih indah kalo ngeliat puntuk apa tadi itu.. bareng sama chacha anisa'nya tipiwan
:D

Reply

dari Pekanbaru ke sini deket kok. naik pesawat turun Jogja, naik bis nyampe, deh! :D

Reply

*brb nyari siapa chacha anisa* :D
Oh.. indah ternyata. :D

Reply

Blum prnah e mas k Jawa, pdahal kturunan jawa nch, hehee..

Reply

sini.. terbang sini~ :D

Reply

wisatanya menarik sekali juragan :)
dilengkapi dengan pemandangan gunung yang indah,terima kasih sudah berbagi info :)

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))