Tugas Seorang Mahasiswa

Udah masuk minggu terakhir liburan, pertanda mau masuk semester empat. Rasanya tua banget. Di semester kemarin, sering banget denger kabar, kalau mayoritas anak kelas sebelah lebih milih nggak masuk kuliah, pas tanggal kejepit. Alasannya mulai dari pulang kampung, malas kuliah, malas gerak sampai nggak punya duit. Emang klasik!

Permasalahan demi permasalahan kemudian muncul, sebagai alasan lain buat nggak masuk kuliah di hari kejepit. Atas dasar solidaritas, kadang mahasiswa lain yang nggak punya masalah pun, ikutan nggak masuk kuliah. Emang dasar, teman adalah segalanya.

Tapi... yaudah lah ya. Namanya juga hidup.

Kenapa sih, kita nggak jadi mahasiswa yang baik? Jadi mahasiswa penerus bangsa, bisa dibanggakan oleh para pemimpin negara?

tugas seorang mahasiswa


Jadi seorang mahasiswa, nggak cuma menuntut ilmu aja. Harus bisa menjadi teladan bagi orang-orang di sekitar kita. Kita berperilaku baik dan benar, masayarakat sekitar juga akan tenang melihat penerus bangsanya bisa jadi andalan.

Terus, kira-kira tugas seorang mahasiswa itu apa aja sih?


1. Kuliah Yang Bener
Kemarin baca berita di koran. Ada pencurian sepeda motor yang dilakukan oleh oknum mahasiswa. Saat ditanya oleh polisi, uang hasil pencurian itu untuk membiayai kuliah yang terbengkalai.

Saat gue baca lebih dalam, ternyata dia adalah salah satu anak orang "mampu" di kampungnya. Bayar kost, dia mampu. Bayar makan di warteg, dia mampu. Tapi kenapa sampai harus mencuri motor cuma buat bayar kuliah. Kemana orangtua mahasiswa itu?

Jangan-jangan dia "kelewatan" waktu pakai uang SPP buat hang-out sama teman-temannya?
Jangan-jangan uang SPP udah abis buat bayarin marathon nonton film di bioskop, bareng gebetannya?

***

Jadi mahasiswa yang baik, tugas utamanya kuliah yang bener. Dari berangkat, dengerin dosen ngajar, kumpul sama temen waktu jeda kuliah, balik ke rumah/kost sampai bayar SPP harus bener. Kecuali, kalau kalian salah satu mahasiswa bidikmisi, beda lagi.

2. Berpikir Ke Depan
Ada beberapa mahasiswa yang mencampur-adukan urusan kuliah dengan status hubungan dia. Ada anggapan, jomblo itu lebih ngenes nilai kuliahnya, daripada seorang mahasiswa yang punya pacar. Emang sih, termasuk gue juga. Tapi anggapan itu mbok iya dihapus dengan prestasi akademik yang bisa menutupi status kejombloan.

Masa lalu emang lebih kejam dari dosen yang nggak punya hati. Tapi dosen bisa lebih lunak hatinya, kalau mahasiswanya bersinar prestasinya.

Jadi, pikirkanlah masa depan. Buanglah masa belakang lalumu.

3. Menjaga Almamater Kampus
Kemarin gue sengaja buka youtube, buat ngeliat standup comedy-nya Pandji Pragiwaksono. Di salah satu videonya, ada yang membahas tentang demokrasi. Lebih khusus lagi, membahas beberapa mahasiswa yang lagi demo di depan kantor pemerintahan.

Pandji bilang, mahasiswa itu mendobrak, mendorong dengan sekuat tenaga gerbang dari kantor pemerintahan itu. Sambil teriak-teriak; "Bukaaaa!! Bukaaaa!!" Kemudian adzan maghrib.

Parahnya, mahasiswa itu nggak tahu kalau membuka gerbang itu dengan cara digeser. Apa mereka nggak malu, pake jas almamater mencolok, mendobrak gerbang kantor pemerintahan yang seharusnya digeser. Semoga Tuhan mengampuni.

***

Jadi... mahasiswa yang baik, mahasiswa yang mampu menjaga almamater kampusnya dengan baik.

4. Rekreasi Secukupnya
Di kampus dan kebetulan sekelas, gue punya temen yang hampir setiap harinya cuma seneng-seneng. Mungkin siklusnya kayak gini :
  • Senin : Dugem
  • Selasa : Billyard
  • Rabu : Billyard
  • Kamis : Nongkrong di Kafe
  • Jumat : Ngaji
  • Sabtu : Dugem
  • Minggu : Meratapi isi dompet.
Hidupnya penuh dengan kesenangan duniawi. Kapan kuliahnya? Entah.

Rekreasi sangat dibutuhkan bagi banyak mahasiswa. Kadang, ngumpul bareng temen satu kost di depan rumah kost pun udah termasuk rekreasi. Nggak perlu ngeluarin banyak duit, kalau ujungnya bikin sakit.

5. Mampu Memilih Pemimpin
Seorang mahasiswa, harus tahu dan mampu memilih pemimpin mana yang baik buat masa depan bangsanya. Terlabih lagi, tahun ini adalah tahun politik yang sangat panas. Bukan pemilihan legislatifnya, sih. Kalau legislatif, gue udah muak sama calon yang sekarang. Muka lama~

Pemilihan presiden kali ini harus mampu menghasilkan suatu yang baru. Yang mampu membuat Indonesia semakin kuat dari akar ideologi bangsa, sampai pada daun dari cita-cita bangsa. Bukan lagi mencari uang dari jabatan presiden, namun jabatan presiden yang mampu menciptakan uang untuk rakyatnya.

16 Komentar Penting

Hahaha gue termasuk yang banyak mainnya dan malah suka belajar hal-hal yang menyimpang dari jurusan gue :))

Reply

Walaupun masih sekolah, tapi gue udah penasaran gimana rasanya jadi mahasiswa

Reply

gue yang nga pernah rasain jadi mahasiswa.... tapi kalau seandainya kalau jadi mahasiswa pasti gue bakalan jalani itu semua, kecuali untuk milih presiden, gue masih bingung mau pilih siapa

Reply

segera taubat, bro.. :)))

Reply

cepetan lulus deh, bro! :D

Reply

capres kita perlu ditimbang-timbang mulai dari sekarang. jangan mepet. :))

Reply

Kupu kupu mas,, hehe

Reply

Ane masih seorang pelajar :)

Reply

makasi infonya mas

Reply

Wah bagus buat refrensi kedepan nya nih

Reply

kuliah pulang? sama. soalnya gue laju dari Magelang ke Jogja. Tiap hari~ :D

Reply

jadi pelajar juga harus ngasih yang terbaik buat Indonesia Raya! :D

Reply

mahasiswa... sekarang beda sob banyakan hobi demo

Reply

gak semuanya.. cuma yang hobi aja. :)

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))