Solusi Telat Bayar Kost

Beberapa hari yang lalu, saat sedang khusuk nongkrong di warung dekat kampus, datang seorang cowok yang belakangan diketahui adalah salah satu teman-ngontrak-teman-gue di kelas. Datang dengan muka ditekuk, pipi rontok. Bahkan terdapat kerutan di wajah, membuat dia nampak 7 hari lebih tua. Kasihan.

Datang tanpa permisi, tiba-tiba cowok itu menangis sambil menggigit bibir bagian bawah, seraya langit cerah tiba-tiba menjadi padam, suasana hening, hanya sayup terdengar suara gelas beradu dengan sendok saat pemilik warung mengaduk minuman.

"Ngapain, Bro? Ketemu bencong?", tanya salah satu teman yang mencoba memecah suasana najis ini.
"Hmmm.. hiks.. hiks..", jawab cowok itu, bibirnya mulai berdarah akibat gigitannya sendiri.
"Sudahlah. Makan dulu sana.", menepuk pundak cowok itu dengan mesra, mencoba memberikan belaian kasih sayang.


Setelah beberapa menit duduk, akhirnya cowok itu bercerita. Ternyata dia baru saja diserang oleh serigala yang menyamar sebagai bapak kost. Dia dan beberapa temannya diharuskan membayar sejumlah uang untuk memperpanjang masa sewa rumah. Jika tidak, mereka akan diusir paksa dengan bantuan satpol PP setempat.

Sayangnya, keadaan keuangan dari beberapa teman saat itu, memang sedang sulit. Jangankan bayar kost, untuk memenuhi hasrat pipis di kamar mandi umum saja mereka butuh subsidi dari pemerintah.

Tapi tenang, Tuhan selalu memberikan jalan keluar dari setiap permasalahan yang kita hadapi. Dengan cara yang baik dan benar, gue punya sedikit solusi agar kalian bisa memperpanjang masa sewa rumah kost itu. Mari kita lihat :

1. Mencari Hutang
Di dalam hidup, teman bisa diibaratkan sebagai air yang ada di padang pasir, menyegarkan di saat kita merasa gerah. Semakin banyak teman maka hidup kalian sedikit banyak semakin indah. Begitu kata pepatah.

Begitu juga ketika kalian memilik sebuah masalah keuangan seperti saat ini. Cobalah untuk menghubungi beberapa teman yang kalian kenal, bisa juga teman yang sudah mulai agak menjauh akibat pergaulan dengan gebetan dia, atau cobalah hubungi teman dari teman kalian. Atau multi level pertemanan.

Kumpulkan minimal 5 orang teman yang sekiranya memiliki kemampuan ekonomi yang bisa dibilang sangat mudah. Indikatornya adalah mereka yang sudah terbiasa keluar masuk hotel hanya sekedar untuk buang air kecil.

Coba bujuk rayu mereka untuk memberi kalian sedikit dana segar. Minimal Rp 500.000 dari setiap teman. Usahakan jangan sampai kurang dari nilai tersebut. Dengan begitu, kalian tentu bisa mendapatkan uang dengan mudah, tanpa harus memikirkan jaminan di antara kalian. Uang untuk bayar kost, sedikit bisa tertutupi.

Yang terpenting, jangan lupa bayar hutang.

2. Gadai Barang Berharga
Selain pegadaian resmi, di kota besar kayak Jogja, banyak banget tempat untuk menggadaikan barang berharga. Banyak di temui di gang-gang kecil, atau bahkan di pinggir jalan sekalipun ada!

Coba cari barang yang menurut kalian itu berharga seperti HP, laptop atau sepeda motor untuk kalian bawa ke tempat gadai. Pastikan itu memang berharga, dapat diterima oleh jasa gadai. Gue sarankan jangan gadaikan tongsis. Udah mulai banyak yang punya, harganya pun mulai merosot tajam. Jangan, ya!

Sedikit banyak, uang hasil gadai bisa menutup kekurangan pembayaran. Jangan lupa, tebus barang berharga sebelum jatuh tempo.

3. Jual Barang Berharga
Kalau kalian merasa salah satu dari dua pilihan di atas enggak mempan tau terasa kurang greget, cobalah untuk menjual barang berharga kalian. Kayak yang gue sebutkan di poin 2 tadi.

Berharga karena memang layak untuk dibeli. Bukan berharga karena kenangannya. Masa iya, kalian mau jual tiket nonton di biskop yang saat itu berdua sama mantan-pacar-terindah kalian? Ah, nggak laku.

4. Kerja Paruh Waktu
Solusi kali ini gue dasari atas beberapa pengalaman teman, yang akhirnya bisa membeli gadget baru dari hasil jerih payahnya bekerja part-time atau paruh waktu. Lumayan, kan, bisa nambah buat bayar kost.

Dari sekian banyak perkerjaan yang ada, salah satu di antaranya bisa kalian coba. Misalnya coba berjualan kebab, menjaga warnet, jadi pelayan kafe, atau jualan pulsa listrik keliling. Halal.

5. Pindah
Kalau dari beberapa solusi di atas kurang meyakinkan, mari gue sarankan untuk pindah. Mencari tempat yang lebih layak untuk kalian berkembang biak.

Coba cari masjid atau kantor polisi terdekat, kalian izin tinggal beberapa hari di sana, sambil menunggu datangnya keajaiban.

Iyap, segitu dulu tentang solusi telat bayar kost. Semoga kalian bisa tabah menghadapi cobaan ini. Nanti gue sambung di malam jumat berikutnya. Semoga kabar kalian enggak seburuk nomor 5. Sekian, salam. :)

----
pict by : nyunyu.com
----
Kalau di antara kalian pengin tukeran link, coba intip ke sini, ya! :D

8 Komentar Penting

Pindah kayaknya solusi paling bener dan ekonomis. Pidah ke kamar temen, ntar klo ada duit baru ngekos sendiri.
*Bukan berdasarkan pengalaman pribadi

Reply

koplak, menunggu keajaiban XD

Reply

Kebetulan gue lagi kekurangan dana. Lo mau gak jadi TEMEN gue, iya TEMEN. Secara kita kan tetanggaan.

Reply

sekalian aja pindah di panti asuhan :3

Reply

Emang teman selalu bisa diandalkan. Sebagian... :D

Reply

iya, keajaiban.. :D

Reply

Mau berapa, sih, Bro? :p

Reply

Asuhan mantan~ :D

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))