Perhatikan Hal Ini Sebelum Bepergian

Gue baru saja dilantik sebagai Raja jalanan, jalur Magelang - Jogja. Bisa gue pastikan, bahwa nggak ada yang bisa gantiin posisi gue sebagai Raja... kecuali Tuhan. Gimana enggak, hampir setiap hari naik motor dari rumah menuju kampus yang jaraknya 35 kilometer dan totalnya lebih kurang 70 kilometer untuk pergi dan pulang.

Jadi raja tuh banyak enaknya. Salah satu contohnya saat di persimpangan jalan, tanpa komando, semua tiang traffic light nunduk saat ngeliat gue mau lewat. Mereka memang sangat sopan.

Sebagai Raja, gue tentu sangat mengerti keadaan jalanan dari Kota tempat gue tinggal, yaitu Magelang sampai di Kota tempat gue kuliah, sebut saja Kota Istimewa, Jogjakarta. Mulai dari titik kemacetan, tanggal dan jam kebiasaan polisi mengadakan razia sampai gue paham berapa detik lampau hijau atau merah akan menyala. Memang super.

Hal hal sebelum Bepergian


Gue sebagai Raja Jalanan, selalu mengingatkan kepada seluruh pengguna jalan di seluruh Indonesia, untuk terus menjaga keselamatan diri dan keselamatan orang lain. Patuhi rambu lalu lintas, sopan kepada pengendara lain di jalan dan tentu hormati bapak polisi kalau memang kamu kena tilang.

Sebelum bepergian, cobalah untuk perhatikan beberapa hal di bawah ini. Setidaknya kalian akan mengerti, bahwa keselamatan sangatlah penting untuk kita semua.

1. Tetapkan Tujuan
Bagi kalian yang ingin bepergian, tetapkan dulu tujuan kalian dalam bepergian. Cobalah untuk pastikan satu tujuan kalian dengan terperinci. Misalkan saja Cuci mata; itu bukan sebuah tujuan. Maka sebaiknya tulis di kertas, rincilah tujuan cuci mata kalian itu seperti apa.

Misalnya, kalian pengin cuci mata di taman kota. Rencananya mau duduk di samping orang pacaran. Tujuannya pengin merusak hubungan keduanya dengan mengaku adalah sebagai pacar salah satu dari mereka.

2. Pamitan
Sebagai anggota keluarga yang budiman, pastikanlah kalian mengantongi izin dari anggota keluarga yang lain; misalnya Orangtua. Temui mereka, mintalah izin untuk bepergian. Jika tidak berpamitan, itu namanya kalian udah minggat pergi tanpa pamit.

3. Perhatikan Roda Kendaraan
Coba perhatikan dengan seksama kendaraan yang kalian gunakan untuk bepergian. Kalau benda itu memiliki satu roda atau dua roda, tapi tidak bermotor, itu disebut sepeda. Kalau dua roda dengan motor di sana, itu namannya sepeda motor. Kalau rodanya ada tiga, itu namanya becak. Kalau roda tiga ada motornya, itu becak motor. Kalau rodanya empat, itu namanya mobil. Kalau rodanya lebih dari selusin, itu berarti kendaraan untuk jualan roda.

4. Perhatikan Jalan
Saat mengendari kendaraan, pastikan mata fokus untuk memperhatikan jalan yang membawa kalian menuju tujuan dalam bepergian. Berkendaralah di jalan yang benar, sesuai dengan aturan. Ambil lajur yang memang itu hak kalian. Jangan asal nikung kanan atau nikung kiri. Karena sesungguhnya ditusuk dari belakang jauh lebih sakit.

5. Perhatikan Traffic Light
Saat gue bepergian, pasti akan mudah melewati sebuah persimpangan. Ya maklum, saat gue mau lewat, mereka pasti nunduk. Kalau kalian sebagai pengendara biasa harus waspada. Kalau nyala hijau, kalian wajib untuk lanjut jalan. Kalau lampunya menyala kuning, berarti kalian wajib kurangi kecepatan untuk berhati - hati. Kalau menyala wana - warni, itu mungkin salah pasang lampu disko.

6. Perhatikan Kecepatan
Ketika kalian berkendara di jalanan yang memiliki beberapa lajur, jangan lengah! Perhatikan di mana lajur kalian dalam berkendara. Ketika lajur lambat, maka sebaiknya berkendaralah dengan kecepatan yang rendah. Ketika di lajur yang cepat, maka tentu bawa kendaraan kalian dengan kecepatan yang tinggi. Di dunia ini nggak ada lajur setengah lambat atau lajur setengah cepat. Yang paling nyesek yaitu cepat atau lambat, semuanya butuh proses untuk dijalani dulu berdua.

"Ah.. makin lama, kok makin ngawur, mz. Bikin KZL aja."
"Iya, dek. Capek hati abang, dek."

Baiklah, segitu dulu, ya. Kalau ada yang mau nambahin, bisa ditulis di kolom komentar! Terimakasih udah mau buang waktu kalian baca blog jelek ini. :p

----
Jangan lupa klik tombol - tombol di bawah posting-an ini, yak! Love you!

11 Komentar Penting

Yang paling bener adalah tentukan tujuan, jangan sampe gatau mau pergi kemana. Nanti akhirnya nyasar-_-

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Yg paling penting menurut gue adalah yang nomer 1 liat aja kalo ga ada tujuan bisa-bisa cuman habisin bensin tok

Reply

Hampir sama nih, kalo gua PP dari rumah ke kampus sekitar 65 km. Udah boleh dibilang Raja Jalanan Jakarta belom? Haha.. belom macet itu loh. 30an km aja kadang bisa memakan waktu 2 jam. Super sekali!

Reply

nyasar ketemu jodoh, enak kali ya~ :D

Reply

masih banyak yang hidupnya nggak ada tujuan. ngabisin bensin! :D

Reply

masih kalah dari gue, yang 70 km. masih jadi adik raja. ahahaha
macet emang bikin males banget! mari jalan kaki di atas kendaraan umum, gan! :D

Reply

ringan-ringan bahasanya tapi enak dibacanya gan salam blogger blog walking http://coretan-hampa.blogspot.com/ salam dari blogger cupu

Reply

yeis. makasih, bro! :D

ditunggu~

Reply

Uangnyaaa? Gaperlu ni? Haha.

Reply

kalau rodanya segi empat atau segitiga gan... :p

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))