Hiburan Malam di Jogja : Sekaten

Bagi kalian yang merasa kurang piknik, dan kebetulan sedang ada di Jogjakarta, kini ada kabar gembira untuk kalian semua. Ada hiburan malam yang seru di Kota Jogja, tepatnya di alun-alun utara Jogjakarta.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya malam sabtu 22 November 2014, naik motor gue ngebut nyari parkiran yang aman dan nyaman, di daerah sekitar alun - alun utara kota Jogjakarta. Tapi sayang, ada dua teman gue yang terpisah dari rombongan gara - gara dia milih parkir yang agak jauh dari alun - alun utara Kota Jogja.

Sampai di parkiran yang sangat dekat dengan sekaten, akhirnya.... ketemu hiburan!

Sekaten di Kota Jogja

Apa Sih Arti Sekaten?

Menurut Wikipedia, Sekaten atau upacara Sekaten merupakan sebuah kata yang berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat syahadat. Sekaten adalah sebuah acara peringatan ulang tahun Nabi Muhammad S.A.W. yang diadakan setiap tanggal 5 di bulan Jawa, yaitu Mulud (Rabiul awal tahun Hijrah), di alun-alun utara di Yogyakarta dan juga Surakarta. Upacara ini dulunya dipakai oleh Sultan Hamengkubuwana I, pendiri keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam.

Mulai dari awal pembukaan sekaten di kota Jogjakarta, hiburan malam yang murah meriah ini diawali dengan dengan iring - iringan abdi dalem bersama - sama dengan dua set gamelan Jawa : Kyai Nogowilogo dan Kyai Gunturmadu. Iring - iringan ini berjalan mulai dari pendopo Ponconiti menuju  ke arah masjid Agung di kompleks alun - alun utara dengan dikawal oleh prajurit Kraton. Kyai Nogowilogo akan menempati sisi utara dari masjid Agung, sementara Kyai Gunturmadu sendiri akan berada di Pagongan yang berada di sebelah selatan masjid Agung. Kedua set gamelan ini akan dimainkan secara bersamaan sampai dengan tanggal 11, bulan Mulud selama 7 hari berturut-turut. Pada malam hari terakhir, kedua gamelan ini akan dibawa pulang ke dalam Kraton.

Sayang sekali, jadwal kuliah memaksa gue untuk bertapa bersama baginda dosen tercinta di kelas dan melewatkan pembukaan sekaten tahun ini.

Hiburan yang Ada di Sekaten Jogjakarta

Banyak yang bilang kalau zaman sekarang adalah zamannya orang bilan "kurang piknik!", sok sibuk di kampus atau kantor demi masa depan sampai lupa kalau otak juga butuh liburan juga hiburan. Jangan khawatir, di Jogja surganya hiburan!

1. Wahana Bermain

Gue masih inget saat pertama kali main ke sekaten beberapa tahun silam, kurang lebih saat gue berumur 12 tahun. Seisi alun - alun utara Kota Jogjakarta adalah manusia yang butuh hiburan dan manusia yang menyediakan hiburan. Ibarat pasar, ada penjual dan pembeli. Ibarat ada jomblo, ada ngenes di sebelahnya.

Tahun ini nggak jauh berbeda, ya walaupun memang aslinya beda jauh, sih.

Di sekaten Kota Jogja terdapat wahana bermain andalan para penikmat adrenaline, yaitu kora - kora. Pasti kalian tahu apa itu wahana bermain kora - kora, kan? Iyap, di sana kita bakal dilempar maju dan mundur. Bukan hanya sekali, tapi bisa sampai puluhan kali.

Sekaten di Kota Jogja

Ada korbannya, lho. Minimal cewek - cewek yang sok berani, kemudian di bawah dia muntah - muntah. Legaaaa~

Nggak hanya itu, lho. Ada juga wahana bermain ombak banyu atau kalau dalam bahasa indonesia adalah ombak air. Wahana bermain yang ada di sekaten Kota Jogjakarta ini berupa sebuah tempat duduk yang melingkar seperti piring terbang besar berdiameter kurang lebih 4 meter, dangan penyangga di tengahnya. Kemudia kita diputar - putar oleh operator wahana bermain ini. Perlu kalian tahu, operatornya nggak cuma satu atau dua orang, saat gue hitung ternyata ada belasan orang. Yah, sebanding dengan hasilnya, kalian bakal pusing. Uhm... ada juga yang lemes, gara - gara capek sok tegar menahan pusing.

Selain itu juga ada komedi putar buat anak - anak dengan karakter yang bermacam - macam. Seperti kuda, gajah, helikopter atau gajah naik helikopter juga ada.


Ada juga tempat mancing yang oke banget, siap untuk memuaskan para pecinta mancing di Indonesia!

Sekaten di Kota Jogja

Ada juga bianglala, yang nggak kalah menarik dari sekian banyak wahana bermain. Di sekaten tahun ini ada beberapa wahana bermain bianglala yang bisa kalian nikmati. Saat kalian naik dan berada di atas, kalian akan melihat sebagian Kota Jogjakarta dari ketinggian sekitar 10 meter. Nggak terlalu tinggi, memang. Tapi keren!

Ada juga bombom car. Kalian bisa naik mobil kecil ini, dengan harga yang lumayan murah. Bisa seru - seruan bareng teman dengan cara saling tabrakin mobil kalian. Kalau mau, tabrakin ke mantan kalian juga boleh.

Sekaten di Kota Jogja

2. Jajanan Khas dan Makanan

Buat teman - teman yang suka jajan atau makan, jangan khawatir. Di sekaten kota Jogjakarta setiap tahunnya pasti ramai dengan para penjual makanan, termasuk tahun ini. Mulai dari makanan ringan di perut kayak gorengan, donat atau juga kue - kue ringan lainnya. Semuanya lengkap tersaji. Tapi sayang, sebagai mahasiswa, gue merasa gagal karena nggak nemu warteg atau nasi padang di sana.

3. Penjual Mainan

Sekaten di Jogjakarta nggak jauh beda dengan pasar malam yang ada di dekat rumah kalian. Pasti ada juga penjual mainan yang memanjakan mata dan hasrat anak - anak yang datang. Mulai dari boneka lucu, mobil - mobilan keren, robot - robotan. Atau boneka lucu yang naik mobil - mobilan sambil melindas robot juga ada.

Tapi di antara banyak penjual mainan modern di sekaten, ada satu bapak tua namun belum renta yang berjualan mainan tradisional. Dengan lincah beliau mencoba mempraktekan cara kerja dari mainan yang dijualnya. Mirip peluit, tapi diemut kedalam mulut. Gue sendiri heran, kok bisa, ya?

Mungkin dari video ini kalian bisa mengerti :




4. Wahana Misteri

Sekaten di Kota Jogja

Salah satu hal yang menarik dari sekaten adalah wahana rumah hantu. Menurut gue ini bukan sebuah wahan bermain. Namanya bermain, pasti akhirnya bikin kita seneng, tapi rumah hantu cuma bikin kesel. Penasaran sih, tapi hantunya masih menakutkan daripada aku kehilangan kamu.

5. Awul - awul

Pertama kali baca ini, gue persilakan untuk tertawa sejenak.

HAHAHAHAHA.

Pasti dari sekian banyak pembaca, akan muncul pertanyaan "Apa sih, awul awul? Ha?". Di sekaten kota Jogjakarta, ada beberapa spot yang disediakan untuk pecinta pakaian bekas import. Jadi, awul awul merupakan sebuah kata yang memiliki arti obrak - abrik atau berantakan. Kayak obralan di dept. store gitu, deh.

Sekaten di Kota Jogja
http://www.kotajogja.com/images/upload/kotajogja-Baju-awul-awul13062012094645.jpg

Pakaian bekas import yang dijual di sekaten digelar begitu saja, tidak beraturan di atas sebuah tempat pakaian yang berukuran besar. Ada juga yang digantung, sih. Dari semua pakaian itu, dipisahkan berdasarkan jenis, harga dan kualitas barangnya. Jadi harganya mulai dari murah banget, sampai mahal aja.

Kalau masih penasaran, cari "awul awul sekaten jogja", dan kalian akan tercerahkan. :D

Baiklah, gue pikir segitu dulu, ya teman. Semoga kalian bisa tergambarkan gimana serunya hiburan malam di jogja tahun ini yang sering orang sebut dengan sekaten.

Dan ini beberapa moment yang bisa gue bagi buat teman - teman.

Mahasiswa Absurd

Sekaten di Kota Jogja

Sekaten di Kota Jogja

Sekaten di Kota Jogja

Kalau kalian mengaku kurang piknik, mari cari hiburan yang murah dan mudah. Nggak harus mahal, kalau ternyata dompet kurang tebal. Sederhana tapi mengena, atau ribet tapi bikin pikiran makin seret? Yuk, lah! :D

Sekian Hiburan Malam di Jogja : Sekaten dari gue.

10 Komentar Penting

Seru bangun kayanya, belum pernah ngerasain yang kayak gini :D

www.fikrimaulanaa.com

Reply

Bang, boleh minta file foto sekatennya? Mau buat bikin rubrik nih tapi kurang fotonya.
Kalo berkenan membantu bisa kirim ke Maulanaputranyapaksupama@gmail.com
Salam Putra M.SP
Regards

Reply

Jogja emang paling keren mah buat jalan-jalan. T.T
Anyway, baru pertama kali main kesini nih. Salam kenal. \:D/

Reply

wah, bagus nih nanti kalo udah ke jogja bisa lihat hiburan mlm :)
salam blogwalking gan

Reply

oh, ternyata di jogja juga ada sekaten. kalo gue pernahnya ke sekaten solo hehe

Reply

asli keren banget om...jogja emang tempatnya hiburan paling oke

Reply

murah-murah ya harganya kalo lagi pameran :)

Reply

Ty infonya gan :)

Reply

jogja emang udah keren buat liburan, ditambah ada sekaten, makin mantab aja..

Reply

Ada yang bilang Sekaten itu dari Syahadat Ain ya bang, hehe, sepertinya begitu, utak atik matuk #wong jowo :D

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))