Berburu Belanjaan di Pasar Tradisional Bali

Oleh-oleh emang jadi salah satu hal yang enggak bakal luput dari pikiran ketika kalian bepergian ke suatu tempat. Namun, gimana jadinya kalau kalian sendiri baru pertama kali ke tempat itu? Kalian pasti bakalan buta arah 'kan? Dan pasti bakalan bingung ke mana harus mencari oleh-oleh buat temen yang tiba-tiba ngaku jadi saudara dekat. Hahaha

Sebagai titik awal jika kalian berlibur ke Bali dan kebetulan menginap di Citadines Kuta, ada beberapa pasar tradisional yang bisa kalian kunjungi. Hotel bintang 4  yang berlokasi di Jalan Pantai Kuta, Legian, Kuta, Bali 05103 ini, sangat dekat dengan pantai Kuta, guys! Kalian enggak perlu risau, soalnya hotel ini punya segudang fasilitas fasilitas kekinian seperti rooftop yang bisa kalian nikmati untuk melihat sunset. Hotel tersebut, bisa kalian pesan di Traveloka.com!

pexels.com

Jika kalian ngerasa gak ada hal yang bisa dilakukan, kalian bisa kok sekedar cuci mata sore disekitar Mall Beachwalk. Tapi, kalau kalian pengin beli oleh-oleh dengan harga yang lebih mesra di kantong, gue punya referensi pasar tradisional yang mungkin bisa memuaskan keinginan belanja kalian.


  • Pasar Seni Kuta

    Yang pertama dan yang paling utama, kalian bisa nanya ke penduduk sekitar, dimana jalan menuju ke salah satu pintu masuk Pasar Seni Kuta yang bisa diakses lewat Pantai Kuta. Banyak sekali pilihan Cinderamata yang ditawarkan, mulai dari baju, sarung, celana pendek bahkan sampai Bed Cover juga ada di sini. Enggak heran soalnya di Pasar Seni Kuta yang buka dari jam 7 pagi hingga pukul 8 malam ini terdiri dari banyak kios yang saling berhadapan di sepanjang jalan.

pexels.com

  • Pasar Seni Sukawati

Pasar yang letaknya di desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, kurang lebih 18 kilo meter dari ibukota Denpasar Bali, lumayan jauh memang dari pusat Kota. Tapi kalian bakalan dimanjakan dengan harga yang super murah dengan kualitas yang berkelas.
Saran gue sih, kalian bisa beli barang dengan harga murah kalau datang ke Pasar ini di Jam 8-10 pagi WITA, soalnya di jam-jam tersebut para pedagang baru aja selesai sembahyang dan mereka percaya pembeli pertama akan membawa rezeki yang banyak. Mantap enggak, tuh?

  • Pasar Seni Guwang

Jangan keburu balik dari wisata belanja di Desa Sukawati, soalnya enggak jauh dari pasar seni Sukawati masih ada pasar Seni Guwang, guys. Ya, meski pasar ini tergoolong baru, tapi kalian jangan khawatir karena pasar ini juga memberikan banyak pilihan pernak pernik yang cocok buat oleh-oleh. Bahkan kalian juga bisa beli lukisan hasil karya seniman lokal. Dengan lahan cukup luas, dijamin deh kalian pasti betah buat sekedar berkeliling di Pasar ini.

  • Pasar Seni Ubud

Pasar seni ini sempat terbakar sekitar 24 maret 2016 lalu, merupakan pasar dengan lokasi yang strategis banget, ditambah lagi lingkungan sekitar pasar ini juga dijadikan sebagai cagar budaya.
Nah, selain bisa berbelanja berburu oleh-oleh, kalian juga bisa menikmati asrinya suasana alami pedesaan Bali sekaligus bisa merasakan sensasi seperti Julia Roberts di salah satu filmnya Eat, Pray, Love, yang mengambil salah satu adegan di pasar ini. Jadi bagaimana, patut dicoba, 'kan?

pexels.com

  • Pasar Kumbasari

Pasar Kumbasari bisa jadi pilihan tepat jika kalian pengin beli oleh-oleh dalam jumlah grosir yang bisa kalian jual lagi nantinya. Letaknya di Jalan Gajah Mada, Pemecutan, Denpasar Barat, dekat dengan pasar Badung.
Pada awalnya pasar ini merupakan pasar yang menjual kebutuhan pokok masyarakat sekitar. Tapi, dalam perkembangannya pasar ini juga menyediakan berbagai pernak-pernik khas Bali seperti patung, ukiran dan juga mebel khas Bali. Kalian juga bisa mendapat harga yang murah kalau kalian jago menawar.

  • Pasar Badung

Pasar ini menjual sesajen yang digunakan masayarakat Bali buat sembahyang. Pasar yang berada di Jalan Sulawesi ini juga menyediakan beragam oleh-oleh seperti yang ada di pasar lainnya, misalnya kaos dengan motif barong, Kopi Balidan masih banyak lagi.
Nah selain itu kalian juga bisa membeli berbagai cinderamata yang bisa kalian gunakan sebagai penghias rumah. di pasar ini pun kalian bisa mencicipi wisata kuliner khas Bali.
Hal yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli oleh-oleh tentunya kalian harus menyiapkan budget khusus untuk hal ini. Kalian bisa menekan budget dengan cara membeli barang secara lusinan atau kodian soalnya dengan membeli barang dengan jumlah yang besar, biasanya para pedagang akan memberi harga yang cukup murah dibandingkan dengan membeli satuan.
Jadi, sudah siap berburu barang belanjaan saat berlibur ke Bali? Yuk, bareng!

2 Komentar Penting

Kapan bisa wisata ke pulau bali lagi, seperti dulu sewa mobil di malang dan berangkat bersama keluarga. Sungguh menyenangkan.

Reply

Posting Komentar

Makasih ya, udah mau berkunjung ke blog gue. Gue harap kalian mau ngasih komentar tentang tulisan di atas. Terserah kalian, mau panjang atau lebar yang penting kasih komentar ya! :D

Dont :
1. Spam
2. Live Link
3. Sara + Saru

Semua gue baca dan gue bales, karena komentarmu adalah serpihan surgaku. :))